Wednesday, October 19, 2011

Serrasalmus nattereri


Baby Serrasalmus nattereri





Juvenile Serrasalmus nattereri

 
Sub dewasa  Serrasalmus nattereri 

 
Dewasa Serrasalmus nattereri 


Nama Ilmiah
Pygocentrus nattereri  atau Pyocentrus nattereri (Kner 1860)
Sinonim        
Serrasalmus nattereri (tidak berlaku)
Nama umum
Red bellied Piranha, Redbelly, Piranha breasted Merah, Piranha Merah, Piranha umum, Piranha Debu Emas, Raja Piranha Kaisar Kuning, Piranha 'Ternetzi'.
Ukuran                      
Sampai dengan 12 "(30cm)

Asal               
Amerika Selatan -  Amazon
Range                       
Spesies ini ditemukan dalam kelimpahan di sungai-sungai Amerika Selatan tengah dan selatan timur Andes dan termasuk sungai-sungai pesisir Guyana, Suriname dan Brasil.  Di wilayah timur laut Brasil, telah ada perkenalan ke dalam danau buatan manusia kecil umum di sana.



Kompatibilitas          
Sebuah karnivora sangat predator, baiknya disimpan dalam kawanan dalam sebuah tempat dengan spesies yang sama.
Suhu             
24-27 o C (75-81 o F)



Kimia air       
Cukup lembut, menyukai air asam (pH 5,8-6,8), tapi tidak begitu berpengaruh karena air yang basa pun dapat diadaptasikan dengan baik.
Tubuh Karakteristik:

Red bellied Piranha ditemukan dalam berbagai warna perut, mulai dari kuning dan oranye ke merah. Beberapa begitu intens dengan warna emas-rintik dan biasa disebut "Gold Dust piranha" (varian 'Ternetzi' yang ditemukan di Selatan Brazil, Paraguay dan Argentina Utara). Seluruh tubuh bagian atas ditutupi dengan indah bercak keperakan mengkilat. Ekor berwarna kebiruan dengan garis putih vertikal di tengah. Tubuhnya besar dan kuat, memungkinkan mereka untuk berenang sangat cepat untuk jarak pendek. Bentuk kepala piranha ini, seperti semua pygocentrus lainnya, adalah cembung (mis. tumpul dan curam), yang sangat tumpul pada bagian kepala dan memiliki sedikit atau tidak ada cekung di atas profil dari mata. Lubang hidung jelas terlihat, dan membagi lubang hidung dalam dua bagian. Rahang bawah mereka sangat berotot dan kuat, meskipun tidak sebanyak spesies piranha lainnya. Mata yang besar diletakkan di depan kepala, memiliki garis gelap diagonal (untuk kamuflasering mata) dan menjadi merah ketika panjangnya mencapai sekitar 3-4. Juvenile Redbellies memiliki headshape lebih cekung, tapi itu mulai berubah ketika mereka mencapai panjang sekitar 3-4. Warna tubuhnya perak cerah, dengan bintik-bintik hitam numberous. Ketika mereka mencapai panjang sekitar 2, perut mereka dan bawah sirip secara bertahap menjadi lebih kuning sampai merah, dan ketika panjang mereka sekitar 3-4, tubuh mereka mulai berubah gelap, sampai mendapatkan baja dewasa biru / warna abu-abu. Seperti Pygocentrus lainnya, Piranha Redbellied cenderung berwarna cerah ketika usianya sudah dewasa. Saat sudah dewasa warnanya kebanyakan menjadi hitam atau ada juga yang berwarna abu-abu.


Feeding                    
Karnivora: makanan daging hidup atau mati. Piranha ini tidak selalu memakan ikan hidup, mereka juga dapat memakan kerang, udang dan sebagainya, bahkan beberaapa ada yang memakan pellet sebagai cadangan makanan. Penggunaan "ikan feeder" dapat beresiko terhadap kesehatan piranha ini.
Diet:
Redbellies Captive dapat diajarkan untuk makan daging, mulai dari pengumpan hidup (ikan mas, merah merah, ikan kecil, tetras, pada dasarnya apapun * cukup kecil), ikan beku (berbau, cod, lele, salmon, ikan tuna dll), udang , krill, kerang, cumi, serangga dan bahkan mamalia kecil (jari kelingking, tikus), reptil dan amfibi. Beberapa pemilik piranha telah mencoba membiasakan ikan ini untuk makan makanan seperti keripik ikan dan pelet, dan bahkan sayuran biji (seperti ketimun), dan buah. Ada juga yang membuat sendiri makanan dengan campuran bahan yang berbeda, mulai dari pelet dan makanan suplemen dirancang untuk ikan akuarium, untuk sayuran dan daging, campur dengan gelatin,dan membekukan daging mamalia / organ mamalia kecil, reptil, ampibians, daging unggas, anjing-dan catfood dan bahkan keju juga sering diterima. Alasan untuk ini adalah bahwa makanan sangat kaya protein dan lemak, yang membuatnya lebih sehat sumber makanan. makanan ini hanya membuat sebagian kecil dari diet spesies ini di alam. Ini berarti bahwa sistem pencernaan yang tidak dirancang untuk mengolah makanan, dan makan makanan jenis ini juga dapat menyebabkan masalah pencernaan, obesitas, penurunan ketahanan terhadap penyakit dan parasit, dan mungkin bahkan kondisi fatal.
* Ikan hidup perlu menjadi quarantained pertama, sehingga mereka aman untuk memberi makan (yang tidak mengandung disases atau parasit). Ikan mas, ikan kecil dan anggota lain dari keluarga Cyprinid (-seperti ikan ikan mas) harus dihindari, karena ikan ini mengandung-menghambat hormon pertumbuhan (Thiaminase / Vitamin B1 inhibitor) yang negatif dapat mempengaruhi kesehatan ikan dan pembangunan.
Redbellies, seperti spesies Pygocentrus lainnya, menangkap mangsanya hidup dengan mengejar aktif. Mereka akan masuk dalam kawanan ikan dan melakukan apa saja agar dapat menangkap mangsanya. Ini mungkin memakan waktu, karena meskipun mereka adalah perenang cepat, mereka hanya bisa mempertahankan kecepatan tinggi yang sebentar saja. Mereka juga kadang-kadang berlatih metode penyergapan, tetapi sering hanya mendapatkan sirip atau mulut penuh skala daripada ikan utuh.
Sexing                      
Tidak seksual perbedaan yang jelas. Pemuliaan betina dapat muncul lebih kuat .
Pembiakan   
Telur diletakkan di antara tanaman atau dalam sebuah lubang di substrat dan dipertahankan oleh orang tua. Penetasan memakan waktu sekitar 2-3 hari.
Komentar      
Piranha redbellied adalah salah satu spesies yang paling tersebar luas Piranha di alam dan spesies yang paling umum di toko-toko hewan peliharaan. Ikan ini terkenal sebagai karnivora yang sangat berbahaya. Meskipun reputasinya agak berlebihan, adalah bijaksana untuk mengambil tindakan pencegahan ketika melakukan perawatan tempat. ikan ini sebenarnya mungkin muncul agak malu-malu jika disimpan dalam akuarium terang dengan cover sedikit. Spesies ini mungkin bingung dengan P.cariba , yang terjadi di sungai Orinoco, bukan Amazon.
Legendaris di nama dan ketenaran, ini adalah spesies yang paling sering dikaitkan dengan kata "Piranha", dan nama saja sudah cukup untuk membawa bayangan gigi razorsharp dan Kegilaan makan mengerikan. Sayangnya, hal ini tak ada hubungannya dengan realitas: Piranha Redbellied mungkin hanya kedua Goldfish untuk ikan akuarium yang paling disalahgunakan di dunia. Orang sering tertarik ke Piranha semata-mata karena kebiasaan makan legendaris mereka, yang sangat disayangkan, karena ikan akan hampir pasti tidak hidup sesuai dengan harapan yang tinggi jika dipelihara dalam aquarium. Sayangnya cukup, kurangnya pengetahuan dan pemahaman seringkali hasil dalam perawatan miskin atau bahkan kelalaian. Jadi meskipun reputasi yang menakutkan tersebut, Red bellied Piranha memiliki gugup dan pemalu karakter relatif (bahkan lebih daripada spesies piranha lain). Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa dalam banyak spesies liar pemangsa mangsa di Piranha Redbellied: sebuah Piranha harus waspada terus-menerus untuk menghindari dibunuh oleh hewan yang mengambil tempat yang lebih tinggi dalam rantai makanan, atau bahkan sendiri lebih baik. Meskipun bisa, dan sering dari waktu ke waktu akan menyesuaikan dengan keberadaan manusia di dekatnya, merah banyak captive akan tetap bergairah sepanjang hidup mereka. Menjaga mereka dalam kawanan paling tidak 5 ikan (lebih, semakin baik), meredupkan lampu dan menggunakan ekstrak blackwater untuk meniru air keruh habitat asli mereka, memberikan tempat yang memadai bagi mereka untuk menyembunyikan (bebatuan, rawa kayu, tanaman), meningkatkan suhu air, menambahkan powerhead ampuh untuk tangki, dan menempatkan tangki di daerah lalu lintas yang tinggi semua disarankan sebagai solusi untuk mengurangi skittishness, tapi sayangnya tidak ada jaminan salah satu tindakan akan bekerja: rasa malu dan kecemasan yang bagian dari sifat binatang itu, dan yang sulit berubah.

Peringatan terakhir
di penangkaran spesies ini mungkin tampak pemalu, namun perlu diingat bahwa meremehkan apa hewan-hewan ini mampu dapat memiliki konsekuensi parah. Sebuah piranha terpojok atau terancam tidak akan ragu untuk menggigit, dan spesimen dewasa dapat menghapus jari dengan mudah.

Daftar pustaka



 


No comments:

Post a Comment