Sunday, February 5, 2012

Liburan dirumah? Pengamatan yuk!


   

Sebagai anggota KPB Nycticorax sebenernya gue malu. Ngaku pecinta burung tapi pas liburan di rumah gue Cuma planga-plongo liat burung-burung kece lewat depan mata. Memalukan. Awal liburan gue iseng duduk manis di depan warung gue, pas banget di depan rumah kayak ada bekas sawah yang sekarang mirip sungai jadi-jadian gitu. Gue terkejut banget pas ada seekor burung mirip ayam, tapi warnanya item ada putihnya gitu. Cantik banget deh, dan dia mau masuk rumah gue. Maklum rumah gue juga ada empang gitu. Dan setelah gue inget-inget ternyata itu burung kareo padi (Amaurornis phoenicurus). Kalau orang deket rumah gue bilangnya burung ayam-ayaman, malah ada orang jawa yang bilang gini “wah itu burung mahal, dikampungku bisa laku 300rb” miris banget gue dengernya..

Setelah liburan lama dan duit di dompet tebel (sama tagihan utang) gue semakin seneng dirumah apalagi liatin tuh burung kareo padi. Ni burung sering bgt keliatan tapi dia maluan, kalo liat orang pasti langsung kabur minta di kejar gitu (backsound: kejar daku kau ku tangkap). Eh pas gue lagi asik-asik mengamati burung kareo padi ada suara berisik banget di atas kepala gue. Kebetulan gua lagi diri di bawah pohon mangga, ternyata ada remetuk laut (Gerygone sulphurea) lagi pacaran. Romatis banget deh. Sumpah iri gue, mereka nari-nari gitu. Yang satu disamperin eh yang satunya lari. Trus ada yang nyamperin sambil nyanyi dan joget-joget. Gue udah kayak nonton film india. Haha. Dan ternyata pas magrib-magrib nih burung kumpul di pohon mangga gue. Mereka tidur di sana. Seneng banget liatnya. Ternyata bener, melihara burung adalah dengan menanam pohon. Gue udah buktiin loh, kalo ga percaya ayo lu kerumah gue pas magrib. Haha

Semakin hari gue semakin sadar bahwa burung di rumah gue banyak, ada burung gereja (Passer montanus) tapi di rumah gue burung gereja ini ga begitu banyak. Yang banyak malah burung merbah crukcuk (Pycnonotus goiavier) yang tadinya gue kira kutilang. Di rumah gue ga ada burung kutilang coy, parah. Jadi pertama kali gue liat merebah crukcuk ini lagi terbang, mirip banget kan ama kutilang? Ya udah gue dengan pede bilang “wuiihh ada kutilang rame banget” eh gue langsung mingkem pas tuh burung bertengger berjarak ga ada satu meter di depan gue. Ternyata tuh burung kaga berjambul, berarti ini burung merbah crukcuk bukan kutilang. Memalukan banget deh gue salah tebak.

Makin sering duduk manis semakin banyak burung cantik yang gue temui, asik banget kan bahasa gue. Haha. Liburan dirumah asik banget ternyata. Gue pas lagi asik liatin remetuk laut loncat sana-sini, gue nemu burung lucu dan imut. Yaitu si caladi (Picoides sp.). Tapi gue Cuma bisa bilang itu burung caladi, ga tau caladi apaan. Hehe

Dan seperti di tempat-tempat lain, di rumah gue juga banyak banget burung walet lincii (Collocalia esculenta-linchii) sama layang-layang batu (Hirundo tahitica) yang terbang tinggi. Yang kadang hampir mau nyeruduk orang tiap terbang rendah. Lucu banget deh.

Oh iya, rumah gue kan masih kampung gitu jadi masih banyak yang melihara ayam (Gallus gallus domesticus). Nah ini kadang juga jadi objek liburan gue. Soalnya lucu, ayam-ayam itu makanin pohon kacang kedele bokap gue. Haha

Oh iya, ada juga anak-anak kecil yang suka ngelepas burung dara (Columba sp.) trus di tangkep lagi gitu. Gue ga ngerti deh sebenernya melihara kayak gitu dosa ga sih? Gue sih kadang kasian sama dara yang di pilokin. Ya ampun sampe warna-warni gitu. Tapi itu burung mereka dan gue ga bisa marah atau ngelakuin apa-apa.

Dan gue baru tahu kalo burung kipasan belang (Rhipidura javanica) pas terbang lumayan jauh itu berisik banget. Suara kepakannya kayak sekuat tenaga gitu. Mungkin keberatan sama ekornya kali ya? Haha. Tapi burung ini indah banget deh, suka banget gue liat nih burung kalo lagi bertengger.

Wah kelupaan nih sama suara burung, tau kan mitos suara burung yang katanya ada orang meninggal? Yap si burung wiwik (Cacomantis merulinus). Gue ga pernah liat nih burung tapi suaranya tiap hari ada di rumah gue, mungkin dia emang tinggal di sini kali. Masa iya tiap dia bunyi ada yang meninggal? Haha Cuma mitos kok.

Hmm tadi siang pas lagi ujan-ujan ga ada jarak satu meter gue liat burung cekakak sungai (Todirhamphus chloris) lewat. Biru-biru cakep banget gitu. Suka banget deh liatnya. Dia lewat sampe 2 kali, ajiibb cantik banget. Dan dia bersuara sih, bodohnya gue adalah gue ga tau bunyi yang dia keluarkan adalah “ges..ngek” seperti yang tertulis di buku-buku sakti burung. Yang gue denger agak beda sih, tapi kalo di paksain ya mirip lah. Hehe

Wah iya, pernah juga tuh magrib-magrib pas gue ke depan rumah ada burung banyak rame gitu terbang ngebentuk huruf “V” kayak pecuk tapi gue ga yakin sih. Apa iya pecuk lewat rumah gue? Darimana? Jauh bgt. Haha sampe sekarang gue ga tau itu burung apa, yang gue liat Cuma item dan terbang barengan ngebentuk “V”

Nah ada lagi nih burung misterius, tadinya gue kira burung kowak malam kelabu juvenil (ngarep) soalnya warnanya abu-abu gitu terus ada garis item di sayapnya. Dia lagi diri di deket sungai gitu, pas nanya ke pak ketua kita sih mungkin kokokan laut atau kuntul kerbau. Tapi belum bisa pastiin karena engga punya binokuler jadi engga bisa liat dengan jelas.

Seru banget deh pengamatan sendiri dirumah, apa lagi kalo rame ya? Hmmm
Buat yang liburan dirumah aja, kita bisa kok nikmatin liburan kita dengan duduk manis di teras rumah dan mengamati sekitar. Ajiib banget deh. Minimal bisa liat aktivitas burung gereja yang beda dari biasanya loh. Burung gereja sekarang kan gaul, makan mie, chiki, kerupuk wuiihh mantap deh. Hehe

.:SELAMAT LIBURAN:.

No comments:

Post a Comment