Wednesday, March 6, 2013

Irang


Hari jumat malam gue dapet kabar duka bahwa neneknya eky meninggal. Gue langsung pengen kerumah eky aja gitu tapi badan udah lemes banget. maklum, jumat sore jalanan udah kayak parkiran raksasa terlebih kuliah gue yang full dari jam 8 sampai jam 3. oke gue pun sms temen-temen gue dan hasilnya kita ke rumah eky besokannya, hari sabtu. Emang terkadang niat baik itu ngga jalan dengan mudah, gue dapet kabar lagi kalau neneknya eky ngga dibawa kerumah eky tapi kerumah om dia di ciganjur. Galau cukup lama akhirnya kita fiks tetep mau ketemu eky dimanapun dia berada *ini berasa romantis*

Sabtunya kita janjian ketemu di trakindo katanya baeti dari trakindo naik m20 doang. Gue yang ngga tau tempat cuma iya-iya aja, gue lupa kalo gue bareng si pacar naik motor. Alhasil sempet cekcok dah tuh ama pacar gara-gara gue bilang "udah ntar kita ikutin aja angkotnya" hehe kan angkot suka ngetem yak, ribet juga kalo motor ngintil dibelakang gitu. Ya udah pas sampe di trakindo gue minta aja alamat lengkapnya sama baeti. Eh dia bilang eky ngga kasih alamat lengkap, eky cuma bilang turun di jalan jambu 2. Okelah gue ama rezki menelusuri jalanan sambil celingak celinguk. Pas jalanan lurus doang kita masih santai, nah pas pertigaan kita langsung nanya aja sama mas-mas disana

"Mas, jalan jambu 2 ciganjur kemana ya mas?"
"wah masih jauh, kanan kanan kiri lurus aja terus"
"oke deh, makasi ya mas"
kita langsung lanjut jalan lagi sesuai yang dikasih tau mas-mas itu. kanan kanan kiri trus lurus eh kita nemu pertigaan lagi. Kebetulan ada ibu-ibu disana kita tanya lagi aja
"Bu, kalau jalan jambu 2 belok mana ya?"
"Oh masih jauh dari sini, ikutin aja jalanan ini terus. Lewat jalan damai kayaknya."
"Oh gitu, makasi ya bu"
Gue sama rezki udah frustasi banget tau-tau dapet sms dari ichem

"rute eki: Turun deptan trus naik m20 arah ciganjur. Nanti trun gg jambu 2. Ntar dr gang jambu 2 ada bendera kuning. Lu nyebrang aja. Ntar tanya irang disitu. Udah pada tau kok"

Ya udah kita lanjut lagi sampe jauh tapi ngga nemu juga tuh jalan jambu 2, kita nanya orang lagi. Trus katanya sekitar 1km lagi. Oke akhirnya kita sampai pada jalan jambu 2. Banyak bendera kuning dan banyak bapak-bapak pakai baju koko. Tapi gue sama rezki nunggu yang lain dulu biar bareng. Nah kita ngadem deh dibawah pohon. Disana ada orang yang lagi ngutak-ngutik motornya, gue samperin aja

"Mas, kenal irang ngga?"
Masnya senyum-senyum manis trus bilang "ngga kenal mba"

Ya udah gue ngejogrog aja dah sambil nungguin ichem, baeti dan mei yang naik angkot. Pas mereka sampai mereka juga linglung, banyak bendera kuning tapi bingung mau kemana. ya udah gue maju aja nanya ama bapak yang berbaju koko

"Pak, rumahnya irang yang mana ya pak?"
"hah? irang?"
"iya pak, yang ada orang meninggalnya"
"yang meninggal ibu-ibu dek"
"iya pak, saya temen dari cucunya"
"wah ngga tau deh, coba aja kamu masuk rumah itu. soalnya ini yang meninggal dari mampang dek"
"lah emang iya pak, temen saya itu rumahnya di mampang"
"oh berarti bener, ya udah masuk aja"
"makasi ya pak"

kita pun langsung masuk dan ada ibu-ibu yang nyapa 
"temennya eky ya?"
"iya bu"
"oh iya masuk aja, ekynya di dalem"
trus pas kita mau masuk tuh rame banget, ngga enak, canggung dan mules campur jadi satu. Akhirnya si ichem whatsapp eky biar keluar. Tapi kita nunggu lama eky kaga keluar-keluar trus rame bapak-bapak pada keluar ternyata jenazah neneknya eky mau di sholatin di masjid. Setelah itu baru deh kita ketemu sama eky. Trus sambil nunggu disholatin kita ngobrol-ngobrol dari yang penting sampe yang ngga penting. Dan percakapan ini entah penting atau tidak

ichem : ky, kan lu salah ketik ya. masa gue ngiranya nama sodara lu. gue bilang ke baeti, nama orang betawi aneh-aneh ya be.
baeti : iya tuh ichem masa ngirainnya irang, orang itu eky salah ketik. maksudnya orang.
eky, ichem, baeti, mei ketawa bareng
*gue pasang muka cengo*
gue : chem, jadi itu tadi salah ketik? *muka pucat pasi*
ichem : iya il, gue mikirnya itu nama. ibu irang atau bapak irang. eh ternyata salah ketik
gue : astaga ichem, gue tadi nanya rumahnya irang ke bapak itu pantesan aja bapaknya bingung *ngompol dicelana*

Dan banyak percakapan kita yang absurd di sana, sampai dipemakaman menunggu mobil jenazah pun kita malah banyak membicarakan hal-hal yang membuat perut sakit. Sayangnya gue ngga bisa ikutan ngeliat neneknya eky dikubur karena gue lagi datang bulan. Katanya kalau lagi datang bulan ngga boleh lia, trus gue juga langsung pulang karena perut gue udah ngga nahan banget sakitnya. Maklum hari pertama. Yaudah gue pulang duluan, katanya si banyak cerita absurd lainnya yang membuat mereka ketawa ngakak. Dan yang lebih koplaknya lagi adalah temen-temen gue itu mampir lagi kerumah si "irang" dan mereka makan disana. HAH? ngelayat apa arisan sih? -.-

Begitulah kisah gue dan temen-temen gue, emang temen kuliah gue ngga ada yang normal :D

Selamat jalan "nyanya" alias neneknya eky. Semoga dilapangkan kuburnya dan keluarga yang ditinggalkan ikhlas serta selalu mendoakan :)



1 comment:

  1. walupun udah tau jalan critanya tapi aku masih ngakak ngebacanya..koplak bgt pada.

    ReplyDelete