Wednesday, March 20, 2013

impas


            “Panas banget ini hari, bro”
            “Yoi, neraka lagi kebakaran kalii”
            “Gue jadi males kuliah nih”
            “Alesan klasik lu, emang lu aja yang males”

            Kuliah managemen tapi ngga bisa memanagemen diri, ya itulah aku. Hampir semua teman sekelasku selalu rajin datang kuliah sebelum dosen masuk ruangan, sedangakan aku? Haram berada dikelas sebelum dosen masuk kelas. “Bro, jangan bengong aja. Ada tugas tuh dari Pak Lana” bisik Bambang membuyarkan lamunanku. “Iya bro, kelompok ini tugasnya. Santai. haha” jawabku asal. Kelas bubar sebelum waktunya dan ini adalah hal terindah bagi mahasiswa, terutama bagi aku.
            “Doni” suara teriakan wanita itu menghentikan langkahku. Aku memperhatikan wajahnya lamat-lamat. “Gue Indri” ia mengulurkan tangannya, aku menjabat dengan senyum. “Oh ya tugas dari Pak Lana tadi, kita satu tim” terang Indri buru-buru. Sepertinya Indri orang yang sangat rajin, pas sekali dengan aku yang malas. “Oh iya, kapan nih kita mulai kerja?” tanya gue sok serius, berharap Indri tidak tahu sifat malasku. Kamipun segera membuat agenda bersama.
            “Don, lu serius ngga sih ngerjainnya. Ini kerjaan lu berantakan banget” suara Indri meninggi dan sorot matanya menampakkan kekecewaan. “duh sorry banget Ndri, semalem gue sibuk banget jagain adek gue. Nyokap gue semalem lembur” jawabku asal. Aku merasa sedikit menyesal karena hanya mengcopy-paste tugas dari internet. “Ah lu gimana sih? Ya udah nanti gue rapiin sama tambahin deh. Oh ya, gue pinjem uang lu bisa? Buat cari bahan ini” jawab Indri masih dengan sorot mata kecewa. “Iya bisa, lu butuh berapa?” tanyaku santai. “Seratus” jawabnya singkat. Terkejut dengan nominal yang dia sebutkan, namun aku segera beri apa yang ia inginkan.
            “Ndri, tugas udah selesai belum?” tanyaku seminggu setelah agenda bersama. “Udah setengah si Don, gue dapet bahan lumayan banyak tapi modem gue mendadak abis kuota. Belum isi lagi nih. Bokek.” Jawab Indri panjang lebar. Indri anak yang rajin, tapi sepertinya ia orang yang keterbatasan. “Ya udah isi modem gih, nih gue kasih duitnya deh” ucapku sambil memberinya selembar uang. “apaan sih lu don, lu manfaatin gue ya? Lu cari juga dong” kata Indri sewot. Hatiku mulai ketar-ketir. “Iya Ndri, gue cari juga kok.” Jawabku malu.
            Sebulan tepat pengumpulan tugas yang diminta oleh Pak Lana, Indri belum juga kasih kabar. Akupun santai, sama sekali tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh Indri. “Don, ini tugas kita.” Indri menghampiriku dengan memberikan satu berkas. “Loh, nama gue kok ngga ada?” aku sangat terkejut dengan apa yang aku lihat. Berkas itu hanya bertuliskan nama Indri. “Lu kan ngga ngerjain. Lu manfaatin gue? Sorry gue ngga bisa dimanfaatin” jawab Indri ketus. “Indri tolongin gue lah, gue butuh nilai.” Aku memasang wajah memelas. “Haha gue punya kok cover yang ada nama lu, tapi syaratnya lu mesti bayar 500 ribu” Indri tertawa. Aku terkejut. “Lu matre banget sih” celetukku. “Terserah, lu manfaatin gue untuk nilai. Gue manfaatin uang lu. Kita impas.” Indri tersenyum penuh arti. Aku merogoh kocekku.

END


nb: cerita ini hanya fiktif belaka, jika ada kesamaan nama, karakter, dan lokasi itu hanya kebetulan. Enjoy reading :)

No comments:

Post a Comment