Saturday, December 3, 2011

SIMPLE


Hidup itu simple. Ketika lu seneng ya nikmatin aja, engga perlu mikirin nasib orang lain yang lagi showeran akibat galau. Bedanya adalah ketika lu sedih, jangan ikut showeran juga. Lu harus buat orang-orang disekitar lu yang lagi bahagia jadi sedih juga. Jahat ya gue? Bodo! Haha.

“Haii Budi, aduh makin hari makin pinter deh ya lu grepe-grepe buku pelajaran terus. Haha” Setiap pagi rutinitas gue emang Cuma usilin orang. Seperti yang gue bilang, ketika lu seneng nikmatin aja bro. Orang-orang yang biasa gue jahilin pasti udah afal bahkan udah resisten kali ya, jadi mereka Cuma melirik gue sebentar trus lanjutin deh keanehan-keanehan mereka yang menurut gue emang engga wajar dilakukan oleh anak kuliahan macem kita. Depan mata gue ada lagi nih yang aneh, si Joko. “Jok, lu tau engga cewek lu sekarang disana lagi ngapain?” tanyaku sok akrab duduk disampingnya. “Ya tau lah, ini gue lagi SMSan” jawab Joko dengan mata berbinar. “lu percaya gitu Jok? Kan bisa aja doi bohong dan lagi pacaran ama cowok sana” kataku dengan muka dibuat seserius mungkin. “Aiii, kamu tau engga kalo kaos kaki gue belum gue cuci selama tiga hari?” kata Joko sambil menarik sepatunya. Aku langsung ambil seribu langkah alias kabuuurr. Haha

Gue ngeselin? Tenang, bukan Cuma lu kok yang bilang kayak gitu ke gue. Hampir semua yang kenal bahkan yang Cuma tau nama gue aja juga bilang gitu kok. Jawaban dari gue sih simple, yang namanya hidup itu harus dinikmati bukan diratapi tiap centi kesedihannya. 


“Aiii, kamu dari mana? Kok jam segini baru dateng?” kata Julian cowok yang lagi gue PHP-in nih. Gue Cuma kasih senyum-senyum najong minta diperhatiin. “Biasa Jul, Jakarta itu kayaknya butuh pemimpin baru deh. Biar macetnya abis. Kayak kamu aja deh.” Jawab gue asal banget. “Yang kayak akunya apaan nih?” tanya Julian polos.”Jakartanya lah. Yang selalu macet kayak kamu yang macet di hati aku” gombal gue yang langsung disambut dengan meronanya pipi Julian. Berhasil deh gue gombalin pacar orang.

Pacar orang? Iya, Julian itu udah punya pacar. Beda kampus jadi gue bebas deh godain nih cowok manis gemulai. Oh iya, kalian Cuma tau kalo gue itu hobi jahilin orang ya? Bukan Cuma itu loh, gue juga hobi menggoda hubungan orang lain. Cuma sekedar pengen liat sih, sejauh mana cowok Indonesia itu menjaga perasaan. Haha

***

“Aii, aku udah putus sama Dara.” Ucap Julian saat kita makan siang di kantin. Muka gue datar-datar aja. Udah biasa nemuin kisah kayak gini. Gue PHP-in dikit langsung putus. Makanya gue males deh punya cowok. Melihat muka gue yang datar-datar aja, Julian lanjutin curhatannya dengan nada yang sedih banget kayak di sinetron. Andai ada kamera mungkin udah ada zoom in dan zoom outnya nih. “Ternyata perasaan itu bisa pudar juga, padahal jadian juga baru 5 bulan” gue mulai menghargai ceritanya dengan menatap matanya sedih.  “Sabar ya Jul, masih banyak janda bertebaran kok” hiburku. Julian hanya menarik sedikit bibirnya. “Sebenernya ada alasan lain sih kenapa gue putus sama Dara” ucapnya dan aku hanya memberinya sorot mata tanda bertanya “Apa?” Julian diam sebentar. Memainkan sendok dan garpu di tangannya. “Aku lebih sayang kamu daripada Dara” musik gamelan berbunyi riang di kuping gue. Saatnya gue beraksi nih. “Jul, kenapa lu harus bilang sekarang? Kenapa bukan dari seminggu yang lalu atau sebelum-sebelunya sih?” nada suara gue buat seserak mungkin. “Sebenernya aku mungkin merasakan hal yang sama, tapi kamu telat. Aku baru aja punya pacar. Udah jalan seminggu. Maaf banget ya Jul” ucap gue lirih padahal dalem hati ketawa jahat. Julian hanya diam. Suasana jadi hening dan gue mulai berfikir mencari mangsa berikutnya. Haha

***

“Aii, kamu udah hampir 1 tahun kuliah. Belum punya pacar juga?” tanya mama pas gue duduk-duduk santai di teras rumah. “Penting ya mah? Aku masih belum nemu cowok yang cocok. Cowok yang setia. Cowok yang bisa bertanggung jawab.” Mendengar ucapan gue mama Cuma diem. Agak ngerasa bersalah juga, tapi emang bener. Gue Cuma mau punya cowok yang setia dan bertanggung jawab. Itu poin penting bagi gue dan gue belum nemu. Jadi jangan heran kalo gue betah jomblo.

Tiba-tiba ada SMS dari Derbi. “Aii, lu udah ngerjain tugas narasi belum? Besok dikumpulin. Gue engga mau dikelas kita ada masalah sama pak wijono ya.” Gue baca tuh SMS kenceng-kenceng. Mama gue sampe ketawa geli. Gue Cuma manyun aja. “Dari siapa? Lucu banget sih. Eh tapi perhatian banget sama kamu. Cieee” kata mama gue asal. Bibir gue makin maju aja deh. Langsung gue bales SMS si Derbi “IYA BAWEL”.

***

“Aii, mana tugas lu? Mau gue kumpulin nih” kata Derbi pas banget gue baru sampe di bibir kelas. Gue Cuma manyun. “Eh, nyokap gue aja engga bawel kayak lu yee” sambil gue kasih dah tuh kertas narasi. Yang gue heran, si Derbi udah gue turutin masih aja bawel. “Aii, lu tuh cewek bukan sih? Ini tulisan kayak ceker ayam tau. Nilai lu bisa C.” Gue samperin tuh ketua kelas sok cool. “Eh, masih mending gue kerjain daripada kagak. Mau dapet bagus atau jelek juga urusan gue. Peduli amat sih lu” cerocos gue yang didengerin sama anak 1 kelas dengan melongo. Gue langsung duduk dikursi samping Nabila. Otak gue kayaknya mulai panas. Baru kali ini pagi hari gue dikerjain orang. Engga penting lagi. Haahhhh

***

“Derbi, lu ngapain di sini sendirian?” gue sapa si ketua kelas yang lagi duduk engga jelas di sudut lapangan. Maksudnya bukan perhatian, gue Cuma pengen godain aja. Derbi Cuma diem aja. Lah, gue jadi keabisan ide buat isengin nih orang. Sambil mikir gue duduk aja disamping doi. Ternyata ada tanding basket dilapangan. Lumayan seru juga nih nonton basket. “Der, dulu gue suka main basket loh” ucap gue tiba-tiba. Gue engga ngerti kenapa gue malah jadi curhat begini. “Oh ya?” Derbi Cuma bilang gitu. Kok gue ngerasa kecewa sih? Eh, lu pada mikir gue suka sama Derbi ya? Oh tidak bisa. Derbi bukan tipe gue banget. “jadi kangen main basket lagi. Dulu gue sama bokap sering banget tuh main basket bareng. Payahnya gue selalu kalah, dan nyokap gue selalu muji-muji bokap gue. Karena gue anak tunggal, gue Cuma bisa manyun tanpa bisa minta pembelaan dari kakak atau adik gue. Tapi sekarang udah engga pernah main lagi.” Gue sama sekali engga sadar dan engga tau kenapa ngomong panjang lebar begini ke Derbi. Untungnya Derbi Cuma manggut-manggut aja. Gue memutuskan untuk pergi dari sini. Daripada omongan gue mulai ngelantur lagi. Tapi nasib berkata lain,Derbi narik tangan gue kenceng banget. “Lu udah curhat masa ninggalin gue gitu aja? Lu harus bayar lah jasa kuping gue yang panas dengerin omongan lu yang engga penting.” Gila kali nih cowok. Gue udah berbaik hati engga jahil sama dia, eh dia malah ngelunjak. “Apaan sih lu? Matre.” Jawab gue sambil melepas pegangan tangan Derbi. Gue lari kenceng ke kelas. Derbi membuntutiku namun dengan langkah santai.

***

Ini otak gue yang lagi engga beres apa emang gue sakit kali ya? Kok gue malah kepikiran Derbi terus. Malesin banget deh inget sama dia, mending gue inget si Joko atau Budi yang tiap pagi gue isengin. Ah elah bikin mood gue rusak aja nih.

“Kerjain tugas makalah. Jangan males lu. Apalagi sampe galau Cuma gara-gara mau main basket bareng gue.” Gila nih SMS si Derbi minta banget di bales. Hah biarin aja engga usah gue bales. Biar engga bawel lagi tuh anak.

***

“Nih makalahnya. Udah kan?” kata gue pas ketemu derbi di kelas. “Makalah apaan nih tipis banget? Cover depannya pake gambar engga jelas lagi. Harusnya pake logo kampus kita dong. Udah kuliah masih aja oon’ kata-kata Derbi meluncur minta banget di tonjokin tuh bibir. Gue tinggalin aja saking keselnya. Belakangan gue jadi males jahilin orang bahkan godain hubungan orang. Otak gue jadi buntu kayaknya gara-gara gaul sama Derbi.

“Mikirin gue ya?” Derbi tiba-tiba duduk dikursi tepat didepanku. Aku hanya manyun. “Aii, kapan-kapan kita tanding basket yuk. Ajak bokap lu juga” kata Derbi. Aku hanya diam.

***

“Aii, kamu kok belakangan ini murung terus? Ada apa?” tanya mama lembut. Gue mulai melow nih. “Inget papa mah.” Jawab gue pelan. Mama Cuma diem, ngebelai rambut gue perlahan. “Sabar ya Aii, mungkin papa sibuk jadi jarang jengukin kamu” mama sangat sabar, beda banget sama gue. “Iya mah, sibuk banget sama keluarga barunya kan? Udah mah engga usah dibahas.” Gue langsung ke kamar. Air mata mengalir deras.

Sekarang kalian tau kan kenapa gue selalu merusak hubungan orang lain? Ya, karena gue kecewa sama bokap gue sendiri. Bokap yang gue sayang, yang sering main basket bareng. Yang sering mesra sama nyokap di depan gue. Tapi itu semua palsu, bokap gue punya selingkuhan dan pahitnya adalah bokap gue lebih memilih selingkuhannya dari pada gue dan nyokap gue. Sejak sat itu gue engga percaya sama yang namanya cowok. Dan gue selalu geram melihat cowok yang pacaran bahagia. Makanya gue selalu berusaha merusak hubungan orang.

***

Derbi, makin hari dia makin perhatian sama gue. Gue engga ngerti kenapa. Udah gue cuekin dan gue jutekin tapi dia masih aja perhatian. Walaupun terkadang perhatian dia ke gue suka ngeselin. Dan yang makin bikin gue gila, setiap deket Derbi gue engga bisa jahil ataupun berusaha PHP-in dia. Aneh banget deh. “Der, lu kenapa sih ngeselin banget?” kata gue disudut kelas. Derbi Cuma nengok kearah gue dan senyum. Manis banget senyumnya. “Lu engga kangen main basket?” dia malah balik nanya. “ENGGA” jawab gue singkat. “Lu pengen tau kenapa gue kayak gini?” gue Cuma menggut. “Gue Cuma pengen lu engga kekurangan perhatian. Gue tau betapa kangennya lu sama bokap lu. Gue tau kenapa lu sering jahil dan ketawa-tawa padahala hati lu menyimpan sakit. Gu tau lu kecewa.” Derbi mulai ngomong kayak peramal dan gue Cuma dengerin sambil melotot. “semua yang gue lakuin buat lu Cuma pengen bikin rasa bersalah gue ilang. Walau gue tau kalau lu tau ini pasti lu bakal kecawa banget sama gue.” Gue makin engga ngerti Derbi ngomong apaan.
“Maaf banget Aii, Nyokap gue yang udah ngerebut bokap lu”

 

Ternyata yang gue bilang selama ini salah. Hidup itu engga simple.

**END**


nb: cerita ini hanya fiktif belaka, jika ada kesamaan nama, karakter, dan lokasi itu hanya kebetulan. Enjoy reading :)

No comments:

Post a Comment