Wednesday, April 7, 2021

SNMPTN


Dunia maya minggu ini diramaikan dengan postingan orang-orang yang lolos dan tidak lolos SMPTN.  Entah kenapa air mata ikut mengalir deras melihat mereka menangis lalu memeluk orang tuanya.  Teringat dulu akupun pernah merasakannya.  Melihat pengumuman lolos dan tidak lolos.  Keduanya aku menangis.  Keduanya aku harus ikhlas. Apalagi mendapat universitas negeri adalah harapanku dan kedua orang tuaku. 

Aku ingat betul waktu itu pengumuman kelulusan UI dibulan April.  Aku sangat amat berharap lolos karena bulan April adalah bulan kelahiran Bapak.  Namun sayang seribu sayang,  memakai almamater kuning hanya menjadi mimpi. Aku tidak lolos dan kedua orang tuaku pun tidak terlalu berharap.  Terlalu banyak saingan yang ingin masuk universitas itu. Aku yang kecerdasan dibawah rata-rata mana mungkin bisa masuk sana :')

Kemudian ada pengumuman kelulusan UMB aku pun tidak lolos.  Padahal aku berharap banyak disana.  Ada 4 pilihan jurusan harusnya salah satu saja bisa masuk.  Apakah aku memang tidak sepintar itu?  Atau aku bahkan tidak beruntung? Kedua orang tua aku hanya pasrah,  sudahlah kuliah swasta juga tak apa.  Mau bagaimana lagi kalau otak aku memang tak sampai?  Walau jujur iri sekali saat melihat banyak teman aku sudah keterima diberbagai universitas negri apalagi universitas beralmamater kuning itu.  

Pengumuman SNMPTN adalah pengumuman terakhir yang aku sudah cukup lelah melihat banyak penolakan.  Akhirnya aku hanya melihat melalui handphone Bapak.  Karena saat itu handphone Bapak satu-satunya yang bisa internet.  Handphone aku masih jadul banget bahkan gambarnya saja masih blur kotak-kotak. Lebih mirip puzzle daripada wallpaper.  Saat loading di handphone Bapak aku sama sekali tidak berharap. Semua harapan aku sudah patah.  

"Selamat kamu diterima"

Kalimat pertama yang aku baca.  Antara percaya,  bingung dan tidak menyangka. Masa iya aku keterima?  UNJ?  Jadi guru?  Ya Allah..

Aku segera lari ke kebun belakang.  Bapak sedang sibuk merapikan pohon jambu yang sudah mau panen.  "Pak,  aku keterima di UNJ" teriakku saat melihat Bapak.  "Salah nama kali?  Coba cek lagi?" kata Bapakku.  Aku yang hanya lihat dari handphone jadi ragu juga,  jangan-jangan memang salah nih.  Aku ke depan menghampiri Mama yang sibuk membungkus rempeyek untuk dijual.  "Ma,  aku lulus di UNJ masa.  Ini bener ngga ya ma?" tanyaku pada Mama.  Aku jadi ragu karena komentar Bapak barusan.  "Biologi atau olahraga?" jawab Mama singkat tapi membuat aku bagai tersambar petir.  Aku lupa kalau di UNJ aku daftar Pendidikan Biologi dan Pendidikan Olahraga.  Waktu itu aku pilih asal aja.  Pikirku masa iya sih jurusan olahraga aku ngga keterima?  Nah kalo beneran keterima di Pendidikan Olahraga bagaimana ini?  Olahraga aja ngga pernah. 

Komentar kedua orangtuaku sungguh diluar dugaan. Aku segera memakai jaket dan kerudung langsung berangkat ke warnet.  Aku harus mamastikan sejelas-jelasnya.  Aku beneran keterima atau tidak.  Sampai di warnet tanganku gemetar parah.  Rasanya seluruh harapan ada di jari-jariku.  Alhamdulillah loadingnya tidak lama dan aku langsung mendapatkan hasil yang aku harapkan.  Aku keterima di Pendidikan Biologi UNJ.  Semua ragu dan takutku hilang.  Untuk lebih jelasnya aku print pengumuman itu untuk kuberikan pada Bapak dan Mama.  Saat sampai rumah ternyata Bapak dan Mama sudah menunggu di ruang tamu.  Mereka mengucapkan selamat dan percaya 100% setelah melihat print hasil pengumuman.  

Mama: Untung bukan jurusan olahraga ya.. 

Aku: Iya ma.. 

Bapak: UNJ itu dimana? 

Aku: Jakarta pak, tapi aku juga ngga tau sih dimana.. 

Bapak: KAMU INI KOK NGELAMAR TAPI NGGA TAU TEMPAT, TERUS BESOK KULIAHNYA GIMANA??

Aku: ((Kabuurr))







Foto bahagia jadi Mahasiswi Jakarta,  hehe







Note: Sejak TK sampai SMA hidupku hanya Pamulang - Ciputat.  Rasanya bosan sekali,  makanya kuliah ngga mau banget di Ciputat lagi.  Nekat deh aku cari kampus yang jauh-jauh tapi ngga sampe luar Jabodetabek 😂

[Mission complete] 😜😜😜😜



38 comments:

  1. Sama banget kak.. dag Dig dug nya terasa sekali kalau pas mau lihat pengumuman.. entah pengumuman apapun itu. Pasti jantung sudah berdetak sangat kencang 😁

    ReplyDelete
  2. Terharu di awal.. ngakak di akhir.. wkwk.. btw, Gusti Allah memang luar biasa ya mak.. Memberikan yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. :). btw, selamat malam bu guru biologi. 🎉🎉

    ReplyDelete
  3. Huaaaa kalo inget SNPTN ini throwback tahun 2014 lalu, ga lolos galaunya itu ampe gak mau makan😂

    ReplyDelete
  4. Jadi inget dulu ikut snmptn sampai 2tahun ga lolos terus, dan nyerah ikut ujian mandiri di kampus ternyata rezekinya di ujian mandiri, snmptn itu bikin perasaan ga karuan ya

    ReplyDelete
  5. Perjuangan banget masa-masa masuk dunia perkuliahan..selamat yah ka jadi SPD

    ReplyDelete
  6. Jadi serasa flashback jaman mau kuliah dulu nih, aduh udah berapa taun yg lalu ngalamin hal ini hihi

    ReplyDelete
  7. aku udh haru baca saat kamu diterima, tp auto ngakak baca komentar bapak🤣

    ReplyDelete
  8. Jadi inget tegangnya pas pengumuman SNMPTN ngeri ngeri sedep

    Sri lestari

    ReplyDelete
  9. Kok aku juga ikut deg"an😁
    Jadi pingin ngerasain SNMPTN.. Tapi sayang..

    ReplyDelete
  10. Hehehe..
    Pdhl Jakarta Ama Ciputat Deket ya. Anak perempuan selau dikhawatirkan

    ReplyDelete
  11. Biar ku tebak. Pasti itu foto saat pertama pake almamater. Waktu jadi maba bngga banget pake almamater. Aku pun gtu dulu mom, dikit dikit foto pake almet hahaha

    ReplyDelete
  12. Deg-degan banget ini kalau lagi nunggu pengumuman SNMPTN tuh. Selamat ya jadi mom, aku dulu diantara IPA paling gabisa biologi malahan😂 Ngakak sama komentar ortunya🤭

    ReplyDelete
  13. seneng banget ya nostalgia jaman muda, jaman perjuangan awal-awal.

    ReplyDelete
  14. Mengingatkan hal-hal yg diperjuangkan kala masa-masa masih muda hahahaa, tahun brp itu yaaah masa-masa ituuuhhh

    Habis baca tulisan kamu mom, aku auto ikut bernoltalgia dengan masa-masa itu dulu☺

    ReplyDelete
  15. pas baca awal terharu bgt , eh pas terakhirnya kocak 😄
    jadi ikut bernostalgia jaman2 kuliah

    ReplyDelete
  16. Kocak banget sih kaa,,, endingnya, udah lulus tapi gtw itu kampus dimanaa 🙈🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kak.. Pas ospek bingung mau naik bis apa 😂

      Delete
  17. Jadi inget waktu aku ikut snmpt 🙈🙈 pervaya ga percaya kalo pada akhirnya bisa ketrima di slh 1 universitas negeri .. rasa bahagianya bener2 ga bisa diungkapinnn ya !!☺☺☺

    ReplyDelete
  18. Selamat mba, dari aku yang gak pernah ikut snmptn cuman pernah ikut try out hahaha

    ReplyDelete
  19. Eh anak UNJ juga? Jurusan apa? Aku jg UNJ. Jurusan Sastra Inggris, hihihi ketemu yg satu almamater deh

    ReplyDelete