Friday, June 4, 2021

"Siklus" = Bye Sampah Plastik!


Hai hayati hakkinda,  kali ini aku mau share sebuah inovasi yang jujur udah jadi mimpi aku sejak aku berkeluarga. Semenjak berkeluarga baru sadar banget dunia ini penuh sampah plastik. Mau masak pake minyak wadahnya plastik,  mau mandi pakai sabun wadahnya plastik,  mau nyuci baju sabun cucinya juga pakai plastik.  Plastik kayak memenuhi semua kegiatan kita sehari-hari. 

Belum lagi pas punya anak harus pakai popok sekali pakai,  aduh sampahnya banyak banget.  Ada lagi menstruasi kita tiap bulan dan harus buang pembalut banyak-banyak.  Aku jadi berpikir,  nanti anakku masih bisa lihat indahnya laut ngga ya?  Sekarang aja laut kita udah penuh sampah 😞

Berusaha jaga bumi




Pelan-pelan aku mulai pakai pembalut kain,  membawa botol minum kemana-mana,  membawa tas belanja kemana-mana.  Namun dengan semua yang aku lakukan ini amasih belum bisa mengurangi sampah rumah tanggaku.  Keranjang sampahku masih penuh dengan plastik sabun mandi,  plastik sabun cuci,  dan plastik lainnya.  Aku bermimpi andai saja ada toko yang menjual kebutuhan rumah tangga dalam bentuk refill.  Aku beberapa kali keliling Cijantung - Kalisari berharap menemukan toko refill tapi hasilnya nihil.  Lebih sedihnya lagi toko refill yang ada kebanyakan gulung tikar karena ngga laku 😭


Saat aku sudah menyerah dengan pencarian tiba-tiba suami memberi tahu aplikasi "siklus". Suami tahu informasi ini dari tiktok dan aku langsung melompat kegirangan.  Saat itu juga aku download dan order.  Kalian bisa cari aja di playstore dan instal.  Setelah instal kalian bisa langsung order.

Aplikasi Siklus


Instagram Sikus 


Katalog produk


Siklus ini memiliki produk original,  kalian bisa pilih produk apa saja yang ingin kalian pesan.  Pilihan ukurannya beragam,  mulai dari 250ml,  500ml,  1000ml,  2000ml.  Bahkan mereka juga menjual wadahnya jika kalian tidak punya.  Namun jika kalian di rumah punya botol bekas atau dirigen bekas juga bisa di pakai untuk tempat refill.  

Pesanan perdana 

Berhubung kemarin aku masih coba-coba,  aku hanya pesan 2 item.  Aku tidak membeli wadahnya,  aku isi pakai botol bekas pocari sweat yang 2liter dan botol bekas kopi starbucks 1liter.  Agak malu sih pas abangnya ngisi tapi ternyata abangnya woles aja,  mungkin sudah biasa juga orang-orang pakai botol seadanya di rumah.  

Kontak CS 


 Misalnya kalian bingung atau banyak pertanyaan,  di aplikasi sudah disediakan CS untuk bertanya dan alhamdulillah mereka fast respon. 


Di kasih label 


Setelah merefill botol kita ternyata botolnya juga di kasih label supaya tidak tertukar. Ada tanggal exp juga jadi aman ya 🥰


Di antar pakai motor


Jadi siklus ini datang dengan motor ya,  di motornya udah lengkap semua orderan yang masuk 1 hari sebelumnya. Mereka bawa dengan dirigen per produk lengkap dengan timbangannya juga.  Bayarnya juga bisa cash atau pakai dana, gopay dll.  Jujur ini praktis banget dan mereka ngga pakai biaya antar loh.  Harga yang tertera di aplikasi sudah termasuk biaya antar.  Keren banget ngga sih?  🤩🤩🤩
Selain hemat plastik ternyata hemat uang juga karena harganya juga lebih murah daripada kita beli di minimarket. 


Jadi buat kalian yang di Jabodetabek aku ngewajibin kalian instal aplikasi "Siklus" dan order kebutuhan rumah tangga disana karena dengan refill kita bisa jadi agen penyelamat bumi loh. 🌏🌍🌎


Penghargaan tertinggi buat aku 








10 comments:

  1. Mak jadi salfok, gimana awal dulu pakai softex kain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak enak aja kan dirumah, kalo kerja mungkin agak kurang nyaman ya. Tp ampe skrg aku masih pakai pembalut kain. Hehe awet

      Delete
  2. Wah baru tau ada aplikasi ini. Berguna banget

    Sri lestari

    ReplyDelete
  3. aseli membantu bgt itu qplikasinyaaaa, baru tau ad aplikasi itu..
    bener2 konsep go green

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan bun, aplikasi yang dibutuhin banget buat skrg ini

      Delete
  4. Ini applikasi bagus banget ya mak, mendukung go green, kita pun jadi ga menumpuk sampah plastik lagi ya

    ReplyDelete
  5. Wah bagus ya mom aplikasinya.. mau coba juga.. thx mom

    ReplyDelete
  6. Wah ini jawaban atas doaku. Pengen bgt beli di bulkstore tp jauh dr rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss instal aplikasi siklus. Dianter depan rumah..

      Delete