Monday, April 8, 2019

TERLALU CINTA (19)


          Semenjak Bastian menikah dengan Rere, Ibu Bastian sering sakit. Ibu Bastian seperti tidak ada semangat hidup. Ibu selalu menanyakan, Gwen dimana? Hal itu sangat membuat Rere geram. "Kenapa sih Ibu selalu nanyain Gwen? Gwen itu siapa?" Rere marah-marah tidak jelas pada Bastian. "Ibu memang sayang banget sama Gwen, semenjak ketemu Gwen mereka langsung akrab gitu. Sepeti Ibu dan anak kandung" Bastian mengenang pertemuan pertama Gwen dan Ibu. "Bas, kamu sadar ngga sih? Ada aku disini? Aku ini istri kamu!" Rere membentak Bastian. Rere sudah sangat lelah dengan semua yang ia alami.

***

           Gwen merintis lagi kariernya di Jakarta. Gwen mulai tidak betah di Jogja. Kantor Om Rendy tidak dapat bertahan, persaingan sangat ketat dan Om Rendy ternyata belum siap dengan segala konsekuensi perusahaan baru. Jakarta, dekat dengan Bastian namun ia sudah tidak bisa sesuka hati mengunjungi rumah Bastian seperti dulu. Komunikasi Bastian dan Gwen juga mulai terputus. Mereka tidak ada topik menarik untuk di bahas. Hanya sesekali Gwen tanya kabar Ibu, Bastian pun hanya basa-basi menanyakan kerjaan baru Gwen. Mereka menjadi canggung sekali.
           Pagi itu, cuaca sangat mendung. Kabar duka menyelimuti keluarga Bastian. Ibu meninggal. Bastian sungguh terpukul. Ia melihat sendiri Ibu menghembuskan nafas terakhirnya setelah shalat subuh. Ibu masih mengenakan mukena putih dan bersihnya. Saat terpuruk seperti ini, istrinya justru tidak ada di rumah. Istrinya pergi entah kemana. Gwen segera menuju rumah Bastian saat tahu berita duka tersebut.
          Setibanya Gwen di rumah duka, Gwen menangis sejadi-jadinya di samping jenazah Ibu. "Ibu.. Maafin Gwen, Ibuu" tangis Gwen tidak dapat di bendung. Gwen sangat rindu Ibu, namun Gwen hanya mampu melihat jenazahnya. "Ibu, ini Gwen datang. Ibu bangun ya bu, ini ada Gwen. Ibu kemaren nanyain Gwen, ini Gwen dateng buu" tangis Bastian pecah lagi. Ia menggenggam tangan Ibu dan Gwen. Ia amat sangat merasa bersalah. Ibu selalu menanyakan Gwen namun Bastian tidak pernah menyampaikan pada Gwen. Bastian tidak mau menyakiti Rere maupun Gwen. Kenyataannya sekarang justru dia yang merasakan sakit yang teramat dalam. 

No comments:

Post a Comment